Know Us Better

Tugas dan fungsi

Tugas dan Fungsi

Berdasarkan Keputusan Pengurus Yayasan Islam Siti Khadijah Nomor 008 tahun 2012 tanggal 30 Mei 2012 tentang Statuta STIK Siti Khadijah Palembang, maka tugas STIKSiti Khadijah Palembang adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang ilmu kesehatan dan ilmu lain yang terkait, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugastersebut, STIK Siti Khadijah Palembangmempunyai fungsi sebagai berikut:

  • Perumusan kebijakan dan perumusan program,
  • Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran ilmu kesehatan dan ilmu lain yang terkait,
  • Penelitian dalam rangka pengembangan ilmu kesehatan dan ilmu lain yang terkait,
  • Pengabdian kepada masyarakat,
  • Pembinaan kemahasiswaan dan alumni, Pembinaan civitas akademika dan hubungan dengan lingkungannya,
  • Pelaksanaan kerjasama dengan perguruan tinggi dan atau lembaga lain,
  • Penyelenggaraan administrasi dan manajemen,
  • Pengendalian dan pengawasan kegiatan dan
  • Penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan.

STIK Siti Khadijah Palembang merupakan salah satu pelaksana kegiatan milik Yayasan Islam Siti Khadijah, karena itu pengembangan STIKSiti Khadijah Palembang kedepan harus memperhatikan secara konsisten pada 3 (tiga) hal;

Pertama, keberadaan STIK Siti Khadijah Palembang tidak bisa dilepaskan dari amal usaha Yayasan Islam Siti Khadijah Palembang, oleh karena itu segala aktifitas dan gerak pengembangannya harus diupayakan pula untuk menyelaraskan dengan filofosi, visi dan misi Yayasan Islam Siti Khadijah Palembang sebagai organisasi gerakan Islam yang berwatak pembaharu dalam melaksanakan Da’wah Amar Makruf Nahi Munkar di segala bidang.

Falsafah yayasan adalah pengabdian kepentingan umat manusia sebagai pengamalan ajaran islam yang rahmatan lil ’alamin (memberikan manfaat pada seluruh alam semesta). Visi yayasan yaitu wahana dansarana menyatukan umat islam dalam upaya meningkatkan syi’ar agama dan kesejahteraan bersama, tanpa menutup pintu bagi umat non islam.

Misi Yayasan adalah mendirikan serta mengembangkan badan amal usaha nirlaba dalam bidang kesejahteraan dan lain-lain yang berkaitan, berupa antara lain kesehatan, pendidikan formal dan nonformal guna meningkatkan ukhuwah, syi’ar islam dan kesejahteraan bersama.

Kedua, STIK Siti Khadijah Palembang adalah penyelenggara pendidikan tinggi yang mempunyai tanggung jawab dan konsekuensi untuk melahirkan (lulusan), baik D-III, S1 yang berkemampuan, menguasai ilmu sesuai bidangnya dengan baik berdasarkan tuntutan standar kurikulum dan harapan masyarakat sebagai pengguna jasa lulusan pendidikan tinggi.

Ketiga, atas dasar dua hal diatas maka, pengembangan STIK Siti Khadijah Palembang harus dilakukan dengan pola yang terintegratif antara tuntutan yayasan dan tuntutan pendidikan tinggi serta masyarakat pengguna.